Pengembangan Modul Berbasis Edmodo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di SMKN 3 Jombang
Main Article Content
Abstract
Dari hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa sekolah yang di observasi telah memiliki fasilitas wifi dan lab yang memadai untuk mengembangkan e-learning sebagai media pembelajaran. Tuntutan global yang semakin berkembang pesat di berbagai bidang mengisyaratkan pembelajaran berbasis IT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan desain produk e-learning dengan menggunakan media edmodo yang sesuai dan layak dikembangkan untuk materi Jaringan Dasar dan difokuskan pada kompetensi dasar menganalisis media yang sesuai dalam komunikasi data jaringan. Metode penelitian pengembangan menggunakan R & D (Reseach and Development) dan metode penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experiment dalam bentuk Posttest-Only Control Grub Desain dengan memberi perlakuan (treament) menggunkana Modul berbasis Edmodo pada kelas X TKJ B SMKN 3 Jombang. Dilakukan uji kelayakan untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakanan media pembelajaran edmodo dengan kelas konvesional. Dengan adanya media yang telah dibangun, pada penelitian ini dapat mengetahui tanggapan respon siswa terhadap pembelajaran e-learning menggunakan media edmodo dengan melalui angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas X TKJ B yang diberi perlakuan menggunakan media edmodo pada kompetensi dasar menganalisis media yang sesuai dalam komunikasi data jaringan di SMKN 3 Jombang dapat dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 85,88%. Hasil rating tersebut menunjukkan kelayakan media yang telah dikembangkan dalam kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian respon siswa terhadap e-learning dengan menggunakan media edmodo pada kompetensi dasar memahami menganalisis media yang sesuai dalam komunikasi data jaringan mendapat respon positif dari siswa. Dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 91.29% dan dapat dikategorikan sangat baik.