Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning pada Konten “Eduvidgame” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer

Main Article Content

LU LU DIEN ISLAMI

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Seiring dengan era globalisasi, dibutuhkan media-media berbasis teknologi modern untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta melatih siswa untuk beradaptasi dengan arus perkembangan di bidang teknologi informasi. Salah satu inovasi media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai penunjang proses pembelajaran adalah dalam bentuk e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran Perakitan Komputer dengan memanfaatkan media pembelajaran e-learning pada konten “Eduvidgame”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design bentuk One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian yaitu 31 orang siswa kelas X-1 paket keahlian Multimedia di SMKN 6 Surabaya. Berdasarkan analisis terhadap hasil belajar siswa melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank diketahui p-value menunjukkan angka sebesar 0,0000. Karena nilai 0,000 ≤ 0,05 artinya menolak H0 atau menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Perakitan Komputer pokok bahasan Peripheral Komputer setelah pemanfaatan media pembelajaran e-learning pada konten “Eduvidgame”.

Article Details

How to Cite
LU DIEN ISLAMI, L. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning pada Konten “Eduvidgame” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/16873
Section
Articles