Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis M-Learning dalam Mata Kuliah Vokasional

Main Article Content

Ramadhan Cakra Wibawa

Abstract

Pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan proses belajar mengajar, baik secara online, video-conference atau secara tradisional melalui proses tatap muka. Masalah penelitian ini adalah bagaimana kelayakan serta respon mahasiswa terhadap multimedia interaktif berbasis m-learning pada mata kuliah vokasional. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan deskripsi mengenai penilaian kelayakan media m-learning serta mengetahui respon mahasiswa terhadap media m-learning pada mata kuliah vokasional. Metode penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan 4D (Define-Design-Develop-Disseminate). Sumber data menggunakan instrumen angket validasi kelayakan materi dan media dan instrument angket respon mahasiswa. Validasi penelitian pengembangan melibatkan tiga validator. Subjek penelitian adalah 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi angkatan 2014 Unesa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Data tersebut juga ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase penilaian dari para ahli yaitu kelayakan media m-learning secara keseluruhan sebesar 74,88% yang menunjukkan kelayakan media m-learning yang dikembangkan dalam kategori Layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian respon mahasiswa terhadap media m-learning mendapatkan persentase sebesar 79,37%. Dengan demikian media m-learning mendapatkan respon Baik sebagai media pembelajaran mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Cakra Wibawa, R. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis M-Learning dalam Mata Kuliah Vokasional. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17197
Section
Articles