Pengembangan Media Pembelajaran Topologi Jaringan Berbasis Portofolio PDF untuk Siswa Kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Buduran
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17419Abstract
Media pembelajaran merupakan kebutuhan dasar bagi siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang maksimal. Kurangnya media dalam pemanfaatan komputer membuat siswa cenderung kurang nyaman dengan apa yang mereka pelajari, serta ditambah dengan kendala yang mereka hadapi baik dari sarana maupun prasarana sekolah. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang tujuannya adalah untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran topologi jaringan berbasis portofolio pdf untuk kelas X, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran topologi jaringan berbasis portofolio pdf. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE yaitu analisis, desain, development, implementation, evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Buduran kelas X TKJ 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran topologi jaringan berbasis portofolio pdf dibuat dengan menggunakan perangkat lunak adobe acrobat mendapat kelayakan berdasarkan penilaian ahli yaitu ada 4 aspek pada format media mendapat 86,6%, untuk format video mendapat 85%,format materi mendapat 81,6% dan 80 % pada format gambar. Hal ini dapat dikategorikan media memiliki nilai rata-rata baik/layak. (2) hasil respon siswa terhadap media pembelajaran topologi jaringan berbasis portofolio pdf mempunyai persentase 79,2% pada aspek perceived usefulness dan 80% untuk aspek perceived ease of use, maka bisa dikategorikan kriteria respon siswa adalah baik.
Kata Kunci : Media pembelajaran , Portofolio pdf, Topologi jaringan
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

