Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Berbasis Windows Phone untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMKN 3 Buduran

Main Article Content

MOCHAMMAD HIDAYATUS SIBYAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 di SMKN 3 Buduran. Hasil validasi dari 3 validator menyatakan bahwa kelayakan media pembelajaran sebesar 85,95%, kelayakan materi sebesar 83,67%, kelayakan RPP sebesar 86,41%, kelayakan soal posttest sebesar 90,37%, dan untuk kelayakan angket respon siswa sebesar 100%. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif untuk mengetahui hasil belajar siswa. Setelah dilakukan posttest didapatkan hasil belajar siswa dengan persentase 90% siswa mendapatkan nilai di atas standart minimal. Untuk hasil respon siswa terhadap media pembelajaran sebesar 88,64%.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman web berbasis windows phone dapat dikatakan layak dimanfaatkan dalam pembelajaran. Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan contoh dan video tutorial tentang pemrograman web serta bisa digunakan di semua versi windows dan windows phone. Dengan adanya lebih banyak contoh dan video tutorial siswa akan lebih mudah memahami materi yang ada dalam media pembelajaran pemrograman web berbasis windows phone.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Windows Phone, Hasil Belajar, Respon siswa, Research and Development.

Article Details

How to Cite
HIDAYATUS SIBYAN, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Berbasis Windows Phone untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMKN 3 Buduran. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17421
Section
Articles