Authors

  • Ayu Pusparini

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17422

Abstract

Modul digital merupakan proses pendekatan pembelajaran dengan pemanfaatan ICT salah satunya adalah melalui sistem modul interaktif berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media modul digital desain web, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan power point teks (ppt) dan modul digital, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan modul digital. Metode yang dipakai penelitian dan pengembangan media modul digital adalah R&D (Research and Development). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MM1 dan X MM2 di SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen validasi, respon siswa dan hasil belajar siswa. Hasil validasi dari 3 validator menyatakan kualitas media modul digital menghasilkan nilai 82,2% dengan kriteria sangat valid, kualitas RPP  menghasilkan nilai 74,6% dengan kriteria valid, kualitas butir soal menghasilkan nilai 74,9% dengan kriteria valid dan kualitas respon siswa menghasilkan nilai 100%  dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa jika dirata-rata menghasilkan nilai sebesar 84,26% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar pretest dan posttest siswa kelas X MM 1 (kelas kontrol), terdapat perbedaan rata-rata atau mean dengan selisih 15,46 sedangkan pretest dan posttest siswa kelas X MM 2 (kelas eksperimen) terdapat perbedaan rata-rata atau mean dengan selisih 21,05. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan media modul digital daripada siswa di kelas yang menggunakan media power point teks (ppt) .

Kata Kunci: Media Modul Digital, Kvisoft Flipbook Maker, Hasil Belajar, Respon Siswa, Research and Development.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

02-11-2016

How to Cite

Pusparini, A. (2016). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(3). https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17422
Abstract views: 126 , PDF Downloads: 159