Implementasi Media Pembelajaran Dalam Bentuk Kuis Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar

Main Article Content

SUCI FORESTRYNINGRUM S.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Kuis Interaktif guna meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Jaringan Dasar pada sub bab topologi jaringan sebagai alat bantu belajar bagi siswa. Pelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran Kuis Interaktif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experiment dalam bentuk Posttest Only Control. Sedangkan rancangan penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Dengan sampel sebanyak dua kelas, dimana kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar  kelas eksperimen sebesar 83,20 dan rata – rata hasil belajar  kelas kontrol sebesar 77,13. Hal ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kuis Interaktif lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media Kuis Interaktif. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kuis Interaktif mendapat prosentase respon sebesar 90% yang dikategorikan Sangat Baik dari siswa kelas eksperimen.


Kata Kunci : Kuis interaktif, Analyze, Design, Develompment, Implementation, Evaluation, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
FORESTRYNINGRUM S., S. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Dalam Bentuk Kuis Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17424
Section
Articles