Penerapan Inovasi Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan PHP Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto

Main Article Content

BAGUS PUTRA HARI SEARMADI

Abstract

BSE adalah salah satu bentuk media pembelajaran yang banyak digunakan saat ini. Namun seharusnya BSE dapat lebih menarik dengan menambahkan sisi efek transisi perpindahan halaman sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Maka penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran dalam bentuk Flipbook Inovasi pada materi pengenalan PHP siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto (2) Mengetahui respon siswa dengan adanya Flipbook Inovasi yang digunakan sebagai  media pembelajaran yang diterapkan pada materi pengenalan PHP siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah   metode eksperimen. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan teknik analisis uji-t dengan membandingkan hasil belajar posttest siswa. Flipbook Inovasi dibuat dengan menggunakan software Kvisoft Flipbook Maker. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah membuat Flipbook dari file pdf. Pdf yang diimpor ke dalam Kvisoft Flipbook Maker akan dirubah ilustrasi perpindahan halamannya sehingga siswa merasakan membaca buku. Pada Kvisoft Flipbook Maker terdapat menu untuk mengimpor gambar, membuat gambar sederhana sehingga Flipbook semakin menarik. Pada Flipbook Inovasi terdapat tombol link yang dapat digunakan oleh siswa untuk menuju web PHP tes sehingga siswa dapat mencoba skrip yang ada di dalam Flipbook Inovasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest. Hasil rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 75,88 dan hasil rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 75,58. Kemudian pada kelas eksperimen diberikan treatment yaitu media pembelajaran Flipbook Inovasi. Setelah diberikan treatment hasil rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 81,61. Dan hasil rata-rata posttest kelas kontrol yang tidak diberikan treatmentt sebesar 77,05. Hasil uji-T pada posttest kelas XI RPL 1 dan 2 menunjukan T-value sebesar 2,28 dan P-Value sebesar 0,026 yang lebih kecil dari batas kritis yaitu 0,05. Nilai thitung adalah 2.28 dan nilai ttabel 1,6627 menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel, maka H1  yang menyebutkan adanya perbedaan penggunaan media pembelajaran dalam bentuk flipbook inovasi dan pembelajaran menggunakan media konvensional diterima..


Kata Kunci: Flipbook, Kvisoft, Hasil belajar

Article Details

How to Cite
PUTRA HARI SEARMADI, B. (2016). Penerapan Inovasi Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengenalan PHP Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17547
Section
Articles