Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 3 Surabaya

Main Article Content

DIAN WIDHOASIH

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 3 Surabaya, proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer masih menggunakan media power point. Sehingga dibutuhkan suatu media yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas media pembelajaran M-Learning berbasis Android pada  mata pelajaran  sistem komputer, (2) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran M-Learning berbasis Android pada  mata pelajaran  sistem komputer, (3) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran M-Learning berbasis Android dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran M-Learning berbasis Android pada  mata pelajaran  sistem komputer. Metode Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Tahapan yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi Desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM SMKN 3 Surabaya yang terdiri dari 2 kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen posttest-only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil validasi media pembelajaran M-Learning berbasis Android pada mata pelajaran sistem komputer dengan materi sistem bilangan mendapatkan nilai validasi sebesar 85.84% dengan kriteria sangat baik, (2) hasil respon siswa terhadap media pembelajaran diperoleh hasil yang sangat baik dengan prosentase sebesar 88.14% yang berarti media pembelajaran mendapat tanggapan positif dari mayoritas siswa, (3) hasil belajar siswa pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 80.47 lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mendapatkan rata-rata kelas sebesar 75.48.


Kata Kunci: media pembelajaran, M-Learning, Android, Research and Development (R&D).

Article Details

How to Cite
WIDHOASIH, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17557
Section
Articles