Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Situs Jejaring Sosial Instagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Desain Multimedia.

Main Article Content

ARIF SAIFULLAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dengan bantuan situs jejaring sosial Instagram guna meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Desain Multimedia pada sub bab gambar sketsa. Penelian ini merupakan Quasi Experimental Research dengan desain penelitian Posttest Only Nonequivalen Control Group Design. Sedangkan rancangan penelitian pengembangan menggunakan metode DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya pada semester Gasal tahun pelajaran 2016/2017.  Dengan sampel sebanyak 2 kelas, dimana kelas XI Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan metode tes dalam bentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,67 dan rata – rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 75,67. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan modul pembelajaran berbantuan situs jejaring sosial Instagram lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan modul pembelajara berbantuan sistus jejating sosial Instagram.


Kata Kunci: Decide, Design, Develop, Evaluate, Modul, Instagram.

Article Details

How to Cite
SAIFULLAH, A. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Situs Jejaring Sosial Instagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Desain Multimedia. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/17868
Section
Articles