Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ

Authors

  • NI MADE GALIH ARYA PRAMESTI

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17988

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Merancang dan menerapkan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ SMK Negeri 3 Buduran (2) Mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ SMK Negeri 3 Buduran (3) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Blended Learning menggunakan media e-learning Moodle pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Tahap penelitian ini yaitu (1) Persiapan dan perencanaan (2)  Penelitian (3) Penyajian hasil penelitian. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, sedangkan untuk mengetahui respon siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil validasi media pembelajaran mendapatkan nilai validitas sebesar 83,6% dengan kriteria sangat valid (2) Hasil validasi RPP mendapatkan nilai validitas sebesar 88,5% dengan kriteria sangat valid (3) Hasil validasi butir soal mendapatkan nilai validitas sebesar 88,8% dengan kriteria sangat valid (4) Hasil respon peserta didik tentang model pembelajaran Blended Learning menggunakan media e-learning Moodle memperoleh rata-rata rating sebesar 75,3% dikategorikan baik.

Kata Kunci: pengaruh model pembelajaran, Blended Learning, aktivitas belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

02-01-2017

How to Cite

MADE GALIH ARYA PRAMESTI, N. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(3). https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17988
Abstract views: 58 , PDF Downloads: 414