Pemanfaatan Schoology sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Jaringan Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya

Main Article Content

Ervian Pasca Rahmadianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas X SMK Negeri 3 Surabaya dalam penggunaan media pembelajaran Schoology pada pelajaran Dasar Jaringan apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2 SMK Negeri 3 Surabaya. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa media pembelajaran Schoology dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh nilai signifikansi (P) adalah sebesar 0.009 < ∝(0.05), sehingga H0  berbunyi “Pemanfaatan Schoology sebagai media pembelajaran sama dengan penggunaan media pembelajaran konvesional dalam meningkatkan hasil belajar siswa” ditolak dan Ha “Pemanfaatan Schoology sebagai media pembelajaran  dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada penggunaan media pembelajaran konvesional” diterima.


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Schoology, Konvensional, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
Pasca Rahmadianto, E. (2017). Pemanfaatan Schoology sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Jaringan Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/18712
Section
Articles