Penerapan Media Pembelajaran Authoring Tool pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya

Authors

  • ADYAR KHASHIN

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran pemrograman web pada Kompetensi Dasar 3.4 tentang Multimedia pada Halaman Web. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk non-equivalent comparison group design. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran Pemrograman Web menggunakan Adobe® Captivate™. Hasil validasi media sebesar 91,7%, sementara hasil dari validasi RPP mendapatkan nilai 86,74% dan hasil validasi soal mendapatkan nilai 88,9%. Sedangkan, hasil belajar siswa kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest sebesar 58,57, kelas eksperimen sebesar 58,17. Hasil belajar kelas kontrol memperoleh rata-rata posttest sebesar 76,79 dan kelas eksperimen sebesar 82,83. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, dan hasil uji t menunjukkan P-Value lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, jadi pada penelitian ini H0 ditolak.

Kata Kunci: authoring tool , proses pembelajaran, pemrograman web

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

07-07-2017

How to Cite

KHASHIN, A. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Authoring Tool pada Mata Pelajaran Pemrograman Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20067
Abstract views: 46 , PDF Downloads: 66