Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Facebook untuk Kelas X TKJ pada Standar Kompetensi Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Pungging - Mojokerto

Main Article Content

INDAH KURNIAWAN

Abstract

Situs media sosial semakin populer di kalangan pelajar di Indonesia. Mayoritas pelajar menggunakan media sosial tersebut untuk mempermudah mereka dalam berkomunikasi dengan teman dan orang disekitarnya, baik dari media sosial jenis Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Kebanyakan siswa SMK Negeri 1 Pungging memiliki akun jejaring sosial Facebook, para siswa menggunakan akun jejaring sosial tersebut di sekolah dengan memanfaatkan fasilitas WiFi yang ada. Pada saat jam pelajaran, komputer terkadang juga dimanfaatkan siswa untuk mengakses Facebook. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Facebook untuk Siswa Kelas X TKJ pada Standar Kompetensi Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto, dengan harapan mampu memotivasi siswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta mampu meningkatkan prestasi belajar siswa maka perlu dilakukannya pengembangan pembelajaran yang mengkolaborasikan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik pengaruh penerapan model  pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook terhadap hasil prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui respon siswa apakah senang atau tidak terhadap penerapan model  pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook pada Standar Kompetensi Jaringan dasar di SMK Negeri 1 Pungging–Mojokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 65,86 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 62,83. Hal ini berarti menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model  pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan penerapan model  pembelajaran berbasis masalah secara konvensional. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model  pembelajaran berbasis masalah dengan media Facebook mendapat respon yang baik dengan rata-rata persentase hasil rating responden sebesar 79,25% yang dikategorikan baik dari siswa kelas eksperimen dan siswa senang terhadap pembelajaran yang digunakan.


Kata kunci : Facebook, Media, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Prestasi, Respon.

Article Details

How to Cite
KURNIAWAN, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Facebook untuk Kelas X TKJ pada Standar Kompetensi Jaringan Dasar di SMK Negeri 1 Pungging - Mojokerto. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20068
Section
Articles