Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Surabaya Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia  Smk Negeri 3 Surabaya

Main Article Content

Rahmat Hermanto

Abstract

Pembelajaran yang konfensional membuat keadaan kelas terasa jenuh dengan metode yang sama dan tidak ada variasi. Hal tersebut membuat siswa menjadi tidak aktif dan kurang tertarik akan kegiatan belajar mengajar di kelas. Metode pembelajaran sangat diperlukan untuk menentukan pola serta konsep prinsip dasar dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Student Centered Learning merupakan pembelajaran yang memfokuskan kegiatan pembelajaran kepada siswa. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan quasi eksperimental design, yang dilakukan dengan memberikan perlakuan (treatmen) tertentu terhadap subjek penelitian yang bersangkutan dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Post test Control Group Design.  Hasil validasi yang diperoleh adalah: validasi angket respon siswa memperoleh nilai 82.5%, validasi butir soal 61,5%, validasi RPP memperoleh nilai 93,75%. Semua hasil validasi memenuhi kriteria valid sehingga kemudian siap untuk diterapkan di sekolah. Hasil yang di dapat dari jawaban siswa terkait angket respon memperoleh nilai sebesar 88,28% yang berarti Google for Educatiom termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar siswa kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest sebesar 78,2, sedangkan kelas eksperimen mandapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 78. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah dilakukan perlakuan adalah 87,2 sedangkan kelas kontrol adalah 82. Dari hasil analisis uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelompok dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji-T untuk mengetahui signifikasi perbedaan kedua kelompok. P-value adalah 0.001 dimana lebih kecil dari 0.05 sehingga jawaban hipotesis adalah menerima Ha atau yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.


Kata kunci: Google for Education, Hasil Belajar, Respon Siswa

Article Details

How to Cite
Hermanto, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Surabaya Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia  Smk Negeri 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20239
Section
Articles