Pengembangan Modul Berbasis E-Learning dengan Menggunakan CMS Joomla pada Mata Pelajaran Animasi 2D Kelas XI di SMKN 3 Surabaya

Main Article Content

M FANDI PRATAMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul berbasis e-learning dengan mengunakan CMS joomla sebagai media pembelajaran, respon peserta didik terhadap modul berbasis e-learning yang digunakan, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul berbasis e-learning. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan kelas XI MM2 SMKN 3 Surabaya berjumlah 36 siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket respon siswa, dan pemberian soal post-test setelah dilakukan treatment. Hasil penelitian yang diperoleh melalui validasi oleh ahli terhadap media pembelajaran modul berbasis e-learning sebesar 83,6%, validasi terhadap soal post-test sebesar 86,7% dan validasi RPP sebesar 85,3%. Semua hasil validasi memenuhi kriteria valid sehingga siap untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil presentase rata-rata respon siswa menunjukan bahwa siswa memberikan respon positif dengan kategori baik dengan presentase 75,2% terhadap modul berbasis e-learning dengan CMS Joomla. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan setelah menggunakan modul berbasis e-learning dengan CMS Joomla pada mata pelajaran animasi 2D pada kelas XI MM2 SMK Negeri 3 Surabaya dinyatakan tuntas dengan ketuntasan kelas sebesar 91,67%. Hal ini menunjukan bahwa kelas yang menggunakan modul berbasis e-learning mendapat hasil yang baik dan media yang digunakan dapat membantu siswa belajar mandiri.


 Kata Kunci: modul berbasis e-learning, CMS Joomla, respon siswa, hasil belajar.

Article Details

How to Cite
FANDI PRATAMA, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis E-Learning dengan Menggunakan CMS Joomla pada Mata Pelajaran Animasi 2D Kelas XI di SMKN 3 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20240
Section
Articles