Implementasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X MM SMK Negeri 3 Bojonegoro

Authors

  • M. NIZAR CHARIRI

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20322

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif yang valid dan praktis berbasis lectora inspire sebagai media pembelajaran, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan peneliti, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran lectora inspire. Penelitian dan pengembangan yang menggunakan metode penelitian model ADDIE. Penelitian dengan media pembelajaran yang diujikan terhadap 32 siswa kelas X MM di SMK Negeri 3 Bojonegoro. Hasil analisis penelitian diperoleh melalui angket respon siswa dan soal posttest. Hasil validasi diperoleh melalui validasi oleh para validator yang terdiri dari satu dosen Informatika dan dua guru disekolah terhadap validasi RPP sebesar 83,3 %, validasi terhadap soal posttest sebesar 93,9% dan validasi terhadap media pembelajar lectora inspire sebesar 100%. Dari hasil semua validasi bahwa memenuhi kriteria untuk diterapkan penelitian. Hasil presentase rata-rata respon siswa terhadap media lectora inspire berapa pada angka 85,9% yang mana masuk kategori baik. Sedangkan hasil presentase hasil belajar siswa dinyatakan tuntas dengan presentasi kelulusan sebesar 84,375% berarti dapat disimpulkan bahwa media lectora inspire mendapat hasil yang baik dan media dapat dikatakan efektif sebagai penunjang siswa belajar mandiri.

Kata kunci : Media Pembelajaran Interaktif, lectora inspire, metode ADDIE, respon siswa, hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

18-07-2017

How to Cite

NIZAR CHARIRI, M. (2017). Implementasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X MM SMK Negeri 3 Bojonegoro. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.20322
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 57