Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Diemas Bagas Panca Pradana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Google Classroom pada model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran Perakitan Komputer. Selain untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Google Classroom yang digabungkan dengan Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design dan bentuk desain penelitian Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mahardhika Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian kelas X Multimedia 1 dan X Multimedia 2, populasi dari masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Pengambilan data hasil belajar siswa dari masing-masing kelas dilakukan dengan menggabungkan hasil test dan hasil proyek. Analisis data pada penelitian ini menggunakan pengujian Independent T-Test. Berdasarkan dari hasil pengujian Independent T-Test dapat diketahui nilai rata-rata kelas kontrol atau kelas X Multimedia 1 adalah 77,43 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen atau kelas X Multimedia 2 adalah 81,89. Selain nilai rata-rata dari masing-masing kelas, dapat diketahui juga bahwa nilai dari P-Value sebesar 0,002 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Maka dapat dikatakan menolak H0 dan menerima H1, dimana H1 adalah terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis proyek digabungkan dengan Google Classroom dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Dilihat dari nilai rata-rata kedua kelas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Tools Google Classroom pada model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran Project Based Learning tanpa menggunakan Tools Google Classroom.


 


Kata Kunci : Google Classroom, Project Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
Bagas Panca Pradana, D. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20527
Section
Articles