Penerapan Edmodo Dengan Model Cooperative  Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi

Main Article Content

AGUNG WAHONO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode cooperative learning berbasis edmodo. Edmodo dibuat untuk memudahkan guru mengelola kelas virtual. Edmodo dikembangkan sebagai platform pembelajaran berkolaborasi dan terhubung antara siswa dan guru dalam berbagi konten pendidikan. Metode cooperative learning yang diintegrasikan pada e-learning berbasis Edmodo di uji cobakan kepada siswa kelas X TKJ 2 di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs  dengan Nonequivalent Control Group. Analisis data penelitian menggunakan Independent sample t-test. Berdasarkan hasil rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol maka dapat diartikan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooprative learning berbasis edmodo lebih meningkat dibandingkan dengan aktivitas siswa yang menggunakan model cooprative learning tanpa edmodo. Dilihat dari hasil pengamatan respon siswa menunjukan bahwa minat siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan edmodo pada model cooperative learning menunjukan hasil yang termasuk dalam kategori sangat layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan edmodo pada pembelajaran dengan metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 


Kata kunci : Edmodo, cooprative learning, Sistem Operasi

Article Details

How to Cite
WAHONO, A. (2017). Penerapan Edmodo Dengan Model Cooperative  Learning Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20528
Section
Articles