Pengembangan Problem Based Learning dengan Schoology pada Kompetensi dasar Menganalisis Kebutuhan Server untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Kelas XI-TKJ di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto

Main Article Content

Rachmat Purwanto

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan media pembelajaran Fakultas dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung tanpa media pembelajaran pendukung. Sampel adalah siswa kelas XI-TKJ1 sebagai kelas yang diberi perlakuan eksperimental dan kelas XI-TKJ2 sebagai kelompok kelas kontrol yang tidak diberikan perawatan di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi-Experimental Design dengan menggunakan dua kelompok kelas dan memberikan perlakuan berbeda pada masing-masing kelompok. Untuk mengetahui hasil belajar di masing-masing kelas diberikan pretest dan posttest sehingga hasilnya dianalisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok perlakuan dengan kelas yang diberikan tidak diberikan pengobatan. Pengumpulan data instrumen menggunakan kuesioner, pertanyaan evaluasi, dan observasi langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data nilai rata-rata akhir kelompok kelas eksperimen sebesar 65,35 dan 59,08 untuk kelompok kontrol. Dalam hal ini kesimpulan dari uji hipotesis dilakukan yang menunjukkan nilai P-Value sebesar 0,014 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kritis yang telah ditetapkan, α = 0,05 jadi jawabannya adalah menerima hipotesis H1 atau itu berarti ada disana. Adalah perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology mendapatkan nilai persentase rata-rata 81,25%. Dapat disimpulkan bahwa tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology dianggap baik, para siswa sangat antusias dengan model pembelajaran Problem Based Learning with Schoology.


 


Kata Kunci: model pembelajaran, media pembelajaran, problem based learning, schoology.

Article Details

How to Cite
Purwanto, R. (2017). Pengembangan Problem Based Learning dengan Schoology pada Kompetensi dasar Menganalisis Kebutuhan Server untuk Lalu Lintas dan Aplikasi Jaringan Kelas XI-TKJ di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20571
Section
Articles