Penerapan Modul Ajar Praktikum Implementasi Routing Jaringan dengan Menggunakan Metarouter Mikrotik pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan

Main Article Content

Muchamad Ilham Nur Saputro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar praktikum implementasi routing jaringan dengan menggunakan MetaROUTER MikroTik guna meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan pada sub bab routing jaringan sebagai alat bantu belajar bagi siswa. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif maupun psikomotorik dengan menggunakan modul ajar praktikum. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 3 SMK YPM 1 Taman sebanyak 43 anak. Dengan sampel sebanyak 1 kelas, dimana kelas shift 1 kelas XI TKJ 3 sebagai kelas kontrol dan kelas shift 2 XI TKJ 3 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group dengan menggunakan dua kelompok kelas dan memberikan perlakuan yang berbeda pada setiap kelompok. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada setiap kelas diberikan pretest dan posttest yang hasilnya dianalisis untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok kelas yang diberikan perlakuan dengan yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen pengambilan data menggunakan test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas kontrol 58,33 adalah dan rata-rata kelas eksperimen adalah 80,77. Kemudian dari hasil rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas kontrol adalah 85,57 dan rata-rata kelas eksperimen adalah 91,81.  Dalam hal ini hasil kesimpulan dari uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai P-Value 0,000 sebesar dan 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kritis yang telah ditetapkan yaitu α=0,05 sehingga jawaban hipotesis adalah menerima H1 atau yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif maupun psikomotor yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar kognitif maupun psikomotor siswa antara yang menggunakan MetaROUTER MikroTik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan MetaROUTER MikroTik di SMK YPM 1 Taman.


Kata Kunci : Modul ajar, Implementasi Routing Jaringan, MetaROUTER MikroTik, Hasil Belajar Siswa

Article Details

How to Cite
Ilham Nur Saputro, M. (2017). Penerapan Modul Ajar Praktikum Implementasi Routing Jaringan dengan Menggunakan Metarouter Mikrotik pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20574
Section
Articles