Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Terhadap Respon Siswa

Main Article Content

Dyah Ayu Novani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media interaktif berbasis android pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Ketintang Surabaya. (2) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Jaringan Dasar.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (ADDIE). TahapanĀ  penelitian ini yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. . Penelitian ini dilakukan di SMK Ketintang Surabaya kelas X TKJ 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran topologi jaringan berbasis android dibuat dengan menggunakan perangkat lunak adobe flash mendapat kelayakan berdasarkan penilaian ahli yaitu ada 4 aspek. Pada aspek media mendapat hasil layak, untuk aspek materi mendapat hasil layak, untuk aspek bahasa mendapat hasil layak, Hal ini dapat dikategorikan media memiliki nilai rata-rata baik/layak. (2) hasil respon siswa terhadap media pembelajaran topologi jaringan berbasis android mempunyai hasil layak pada aspek perceived usefulness dan layak untuk aspek perceived ease of use, maka bisa dikategorikan kriteria respon siswa adalah baik.



Kata kunci: Media pembelajaran, Android, Penelitian dan pengembangan, Hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Ayu Novani, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Terhadap Respon Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20631
Section
Articles