Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bergenre Side-Scroliing Platformer

Main Article Content

FANY ROSITA DEWI

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis game edukasi bergenre side-scrolling platformer pada mata pelajaran pemrograman web. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi side-scrolling platformer dan yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi bergenre side-scrolling platformer pada mata pelajaran pemrograman web. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Research and Development (R&D) dengan Model ADDIE. Data diperoleh dari 4 Validator dan 60 siswa sebagai sample penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil validasi Materi mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Layak. Hasil validasi media mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Layak. Hasil validasi RPP mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Valid. Hasil validasi Soal Tes mendapatkan nilai dengan klasifikasi Sangat Valid. Media pembelajaran berbasis game edukasi bergenre side-scrolling platformer pada materi style pada halaman web dalam penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa atau H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media game edukasi dengan yang tidak menggunakan game edukasi.


Kata Kunci: media pembelajaran, game edukasi, hasil belajar siswa, side-scrolling platformer.

Article Details

How to Cite
ROSITA DEWI, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Bergenre Side-Scroliing Platformer. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20815
Section
Articles