Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Mengetahui Faktor Motivasi Siswa

Main Article Content

MITA EDTRIKAWATI

Abstract

Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan aplikasimedia pembelajaran berbasis Augmented Reality pada Kompetensi Kejuruan  menerapkan fungsi peripheralkomputer, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbasisandroid yang dikembangkan, dan (3) mengetahui motivasi belajar siswa dalam melakukan pembelajarandengan media pembelajaran menggunakan Augmented Reality berbasis android. Metode pengembanganmedia pembelajaran yang digunakan adalah R&D dengan menggunakan tahapan pengembangan hinggatahap keenam, serta metode SEM yang digunakan untuk mengetahui faktor motivasi penggunaan mediapembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan kuesioner.Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa hasil pengujian media oleh Ahli Media, pengujianaspek materi oleh Ahli Materi dan pengujian RPP dinyatakan bahwa media pembelajaran yangdikembangkan telah layak untuk digunakan. Sedangkan uji coba produk dilakukan oleh siswa denganmelakukan penilaian melalui kuesioner sekaligus digunakan untuk melihat faktor motivasi siswa dalammenggunakan media pembelajaran. Penelitian ini juga menghasilkan faktor yang mempengaruhi motivasibelajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality. Faktor tersebut antara lainadalah adalah hubungan antara Bimbingan dengan Motivasi adalah signifikan, sehingga terdapat hubunganpositif antara faktor bimbingan dengan motivasi penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Danhubungan antara Kenyamanan dengan Motivasi adalah signifikan, sehingga terdapat hubungan positifantara faktor kenyamanan dengan motivasi penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan.


Kata Kunci : augmented reality, media pembelajaran, android, motivasi belajar

Article Details

How to Cite
EDTRIKAWATI, M. (2017). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality untuk Mengetahui Faktor Motivasi Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20988
Section
Articles