Pengembangan Simulator Pencahayaan Kamera dengan Menggunakan  Augmented Reality Berbasis Marker pada Platform Android

Main Article Content

Daning Singgih Katmitasari

Abstract

Realita dalam masyarakat menunjukkan bahwa tidak semua sekolah kejuruan memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Hal ini terlihat pada keterbatasan alat pencahayaan kamera dan studio fotografi pada kompetensi keahlian multimedia di sekolah kejuruan. Keterbatasan ini sangat menghambat proses pembelajaran sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan tidak dapat tercapai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media dan respons siswa terhadap media yang dikembangkan. Media yang dikembangkan berupa simulator pencahayaan kamera dengan menggunakan augmented reality berbasis marker. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Nganjuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah kejuruan dengan nilai validasi media adalah 93,75%  dan nilai validasi materi adalah 96%. Hasil lain menunjukkan bahwa media ini mendapatkan respon yang baik dari siswa kelas XII Multimedia di SMK Negeri 1 Nganjuk dengan nilai respon siswa adalah 83,66%.


Kata Kunci: media pembelajaran, augmented reality, simulasi, pencahayaan

Article Details

How to Cite
Singgih Katmitasari, D. (2017). Pengembangan Simulator Pencahayaan Kamera dengan Menggunakan  Augmented Reality Berbasis Marker pada Platform Android. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21309
Section
Articles