Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar

Main Article Content

Miftachul Choir

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berdasarkan tiga gaya belajar siswa yaitu; visual, auditori, dan kinestetik bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahapan pengembangan hingga tahap ke 8 yaitu uji coba pemakaian. Analisa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dari hasil uji hipotesis dengan independent t-test menunjukan nilai T-Value sebesar 4,36 dan Degree of Freedom (DF) menunjukan angka 38 sehingga didapatkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,024 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,711, sehingga T-Value lebih besar ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yaitu hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar. Hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap kualitas sistem sebesar 95,25 %. Siswa merasa sangat puas terhadap media dengan skor sebesar 96 % serta memberikan respon yang sangat baik sebesar 96,22 % pada aspek pengetahuan atau kualitas informasi media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa.


Kata Kunci: media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar, respon siswa.


Pengembangan media pembelajaran berdasarkan tiga gaya belajar siswa yaitu; visual, auditori, dan kinestetik bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahapan pengembangan hingga tahap ke 8 yaitu uji coba pemakaian. Analisa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa dari hasil uji hipotesis dengan independent t-test menunjukan nilai T-Value sebesar 4,36 dan Degree of Freedom (DF) menunjukan angka 38 sehingga didapatkan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,024 dan pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,711, sehingga T-Value lebih besar ttabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yaitu hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berdasarkan gaya belajar. Hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap kualitas sistem sebesar 95,25 %. Siswa merasa sangat puas terhadap media dengan skor sebesar 96 % serta memberikan respon yang sangat baik sebesar 96,22 % pada aspek pengetahuan atau kualitas informasi media pembelajaran berdasarkan gaya belajar siswa.
Kata Kunci: media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar, respon siswa.

Article Details

How to Cite
Choir, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21337
Section
Articles