Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ

Main Article Content

DEVY MELIANA PUTRI SUGIARTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran Jaringan Dasar dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Schoology (2) untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan media e-learning Schoology dalam kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Tes Control Group Design. Sedangkan rancangan penelitian pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu 30 orang siswa kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan 30 orang siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. Hal ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning schoology lebih baik dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning schoology. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning schoology mendapat prosentase respon yang dikategorikan Sangat Layak dari siswa kelas eksperimen.


 


Kata Kunci : Media Pembelajaran,  E-Learning,  Hasil Belajar, ADDIE

Article Details

How to Cite
MELIANA PUTRI SUGIARTO, D. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21522
Section
Articles