Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ

Authors

  • DEVY MELIANA PUTRI SUGIARTO

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.21522

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa SMK kelas X pada mata pelajaran Jaringan Dasar dengan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Schoology (2) untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan media e-learning Schoology dalam kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Tes Control Group Design. Sedangkan rancangan penelitian pengembangannya menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian yaitu 30 orang siswa kelas X-1 sebagai kelas kontrol dan 30 orang siswa kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol. Hal ini berarti hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning schoology lebih baik dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran e-learning schoology. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-learning schoology mendapat prosentase respon yang dikategorikan Sangat Layak dari siswa kelas eksperimen.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran,  E-Learning,  Hasil Belajar, ADDIE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

03-09-2017

How to Cite

MELIANA PUTRI SUGIARTO, D. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(1). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i1.21522
Abstract views: 252 , PDF Downloads: 261