PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENYELESAIAN MASALAH MATERI SUBNETTINGPADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Main Article Content

FACHRUR ROZAQ

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan
masalah pada materi Subnetting dengan menggunakan modul pembelajaran Project Based Learning.
Subjek pada penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Surabaya yang telah
menempuh mata pelajaran Rancang Bangun Jaringan. Metode penelitian menggunakan eksperimen
dengan desain True Experimental Design dalam bentuk Posttest Only Control Design. Metode ini
menggunakan dua kelompok yang dipilih secara acak menjadi kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen. Kelompok kontrol tidak diberikan treatment, sedangkan kelompok eksperimen diberikan
treatment. Setelah pemberian treatment kedua kelompok akan diberikan posttest berupa pengujian untuk
mengetahui hasil belajar dari masing-masing kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan
dari uji hipotesis, rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 69,88 dan kelas eksperimen sebesar
84,90. Sehingga disimpulkan bahwa hasil penyelesaian masalah materi Subnetting dengan menggunakan
modul Project Based Learning memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang
tidak menggunakan modul Project Based Learning.



Kata Kunci: Project Based Learning, Subnetting, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
ROZAQ, F. (2017). PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENYELESAIAN MASALAH MATERI SUBNETTINGPADA MATA PELAJARAN RANCANG BANGUN JARINGAN DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21627
Section
Articles