PENERAPAN SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN

Main Article Content

Benazir Cahya Abadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan hasil belajar kelas eksperimen. Pengujian menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design dengan kelompok experiment menggunakan metode pembelajaran self directed learning dan pada kelompok kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan uji respon siswa. Sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa hasil rating angket respon motivasi belajar siswa pada persentase 76,1% atau dalam kategori tinggi.  Selain itu berdasarkan hasil performance, 60,53% dalam kategori baik, dan 39,47%  dalam kategori cukup baik. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran self directed learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Bidang Teknik Komputer Jaringan.


Kata Kunci: self directed learning, moodle, hasil belajar

Article Details

How to Cite
Cahya Abadi, B. (2017). PENERAPAN SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21629
Section
Articles