PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL SEKOLAH BERBASIS AUGMENTED REALITYSEBAGAI MEDIA INFORMASI DI SMK NEGERI SUMBEREJO

Main Article Content

TYO WILDAN AFRIZAL FARDANI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan media pengenalan profil sekolah berbasis Augmented Reality dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pengenalan profil sekolah berbasis Augmented Reality di SMK Negeri Sumberejo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode research and development (R&D) yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk – produk yang digunakan dalam pendidikan. Subjek dari penilitian ini adalah 25 siswa jurusan Teknik Komputer Jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sumberejo. Dari hasil penelitian tersebut menujukkan bahwa penilaian dari para ahli media mendapatkan nilai sebesar 90%. Pencapaian nilai tersebut masuk pada interpretasi 82% - 100%. Dengan demikian media pegenalan profil sekolah berbasis augmented reality dapat dikatakan Sangat Baik sebagai media pengenalan profil sekolah. Sedangkan hasil dari penilaian respon siswa mendapat persentase nilai sebesar 86,7%. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa hasil tersebut masuk dalam kategori sangat baik pada rentang 82% - 100%, maka dapat disimpulkan bahwa media pengenalan profil sekolah berbasis augmented reality yang dikembangkan mendapatkan respon yang Sangat Baik.


Kata kunci : Pengembangan, pengenalan profil sekolah, android, augmented reality, respon siswa.

Article Details

How to Cite
WILDAN AFRIZAL FARDANI, T. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL SEKOLAH BERBASIS AUGMENTED REALITYSEBAGAI MEDIA INFORMASI DI SMK NEGERI SUMBEREJO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21631
Section
Articles