PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS CLAROLINE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO

Main Article Content

ARY ARGUBHY

Abstract

Dari hasil observasi sebelumnya diketahui bahwa sekolah yang di observasi telah memiliki fasilitaas wifi dan lab memadai untuk mengembangkan E-learning sebagai media pembelajaran. Namun pembelajaran dalam kelas tidak dapat berjalan dengan optimal dikarenakan pendidik atau guru melakukan pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi pasif dan tidak tertarik dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran E-learning berbasis Claroline pada kompetensi dasar memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman yang layak digunakan ditinjau dari (1) Validasi media pembelajaran E-learning berbasis Claroline, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran E-learning berbasis Claroline, (3) Pencapaian hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran  E-learning berbasis Claroline. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelas X – Multimedia SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel control sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data menggunakan  instrumen angket dan tes online. Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran E-learning berbasis Claroline yang telah divalidasi dengan rating mendapatkan persentase skor rata-rata 92,94% dengan kriteria nilai sangat baik . Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran E-learning berbasis claroline presentase skor rata-rata 88,25% dengan kreteria nilai sangat baik. Hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata nilai 7,92 dari skala 1-10 dan kelulusan siswa yang menggunakan media E-learning sebesar 84,375 % dinyatakan tuntas. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran E-learning berbasis Claroline yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.


 


Kata Kunci: Media pembelajaran, E-learning, Claroline, ADDIE, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
ARGUBHY, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS CLAROLINE PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21632
Section
Articles