PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG KEJURUAN TKJ DI SMKN 3 BUDURAN

Main Article Content

Rosyid Kurniawan Setyobudi

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest dan posttest control group design dengan menggunakan dua kelas yaitu X TKJ 1 dan TKJ 2. Hasil Penelitian menunjukkan nilai validasi media mencapai 89,09%, nilai respon siswa mencapai  89%.. Dari aspek hasil belajar, nilai hasil belajar dari dua kelas dianalisis uji T independen Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas dari hasil belajar masing-masing kelas mencapai 0,071 dan 0,083. Dalam uji homogenitas hasilnya menunjukkan nilai 0,893 yang berarti data tersebut homogen. Kemudian data tersebut dianalisi uji T dan hasilnya mencapai angka 0,049 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Dari hasil penelitian yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran moodle sangat layak sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar dan mempengaruhi hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Moodle.

Article Details

How to Cite
Kurniawan Setyobudi, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG KEJURUAN TKJ DI SMKN 3 BUDURAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21633
Section
Articles