PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG KEJURUAN TKJ DI SMKN 3 BUDURAN

Authors

  • Rosyid Kurniawan Setyobudi

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i2.21633

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest dan posttest control group design dengan menggunakan dua kelas yaitu X TKJ 1 dan TKJ 2. Hasil Penelitian menunjukkan nilai validasi media mencapai 89,09%, nilai respon siswa mencapai  89%.. Dari aspek hasil belajar, nilai hasil belajar dari dua kelas dianalisis uji T independen Hasil penelitian menunjukkan uji normalitas dari hasil belajar masing-masing kelas mencapai 0,071 dan 0,083. Dalam uji homogenitas hasilnya menunjukkan nilai 0,893 yang berarti data tersebut homogen. Kemudian data tersebut dianalisi uji T dan hasilnya mencapai angka 0,049 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Dari hasil penelitian yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran moodle sangat layak sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar dan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Moodle.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-06-2017

How to Cite

Kurniawan Setyobudi, R. (2017). PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG KEJURUAN TKJ DI SMKN 3 BUDURAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(2). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i2.21633
Abstract views: 58 , PDF Downloads: 127