PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 3 BUDURAN

Main Article Content

Janida Syakbandani

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui uji kelayakan hasil pengembangan media video pembelajaran untuk mata pelajaran sistem komputer. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X program teknik komputer dan jaringan pada mata pelajaran sistem komputer antara kelas yang menggunakan media video pembelajaran (kelas eksperimen) dengan tanpa menggunakan video pembelajaran (kelas kontrol). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Analisis data pada kedua kelas menggunakan Independent sampel t-test dengan metode two sample t-test. Hasil validasi yang diperoleh dari keempat validator adalah: validasi media video pembelajaran memperoleh persentase 95%, validasi konten materi memperoleh persentase 90.2%, validasi RPP memperoleh persentase 89.2%, validasi soal tes memperoleh persentase 88.9%. Berdasarkan semua hasil validasi tersebut, maka dapat dikategorikan sangat valid digunakan untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer. Hasil analisis belajar siswa pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 83.67 sedangkan kelas eksperimen adalah 85.71.  Dari hasil uji two sample t-test didapatkan P-Value 0.030 dimana 0.030 lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian disimpulkan bahwa uji hipotesis menerima H1 atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.


Kata Kunci: Media video pembelajaran, R&D, hasil validasi dan  hasil belajar

Article Details

How to Cite
Syakbandani, J. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 3 BUDURAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21634
Section
Articles