Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo

Authors

  • SHOHIB

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i3.22138

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran menggunakan model pembelajaran flipped classroom  dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran rancang bangun jaringan di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil keseluruhan validasi meliputi; validasi media, validasi materi, validasi RPP dan validasi soal tes  berada pada kriteria sangat valid. Hasil analisa dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dalam proses pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis pada hasil pretest dan posttes kelas eksperimen yang memiliki selisih nilai 6,53 lebih baik daripada hasil pretest dan posttest kelas kontrol yang memiliki selisih nilai 5,88. Hasil analisis pada nilai hasil belajar posttest menunjukan nilai T-Value sebesar 2,62 dan Degree of Freedom (DF) menunjukan angka 66.  Serta didapatkan nilai  P-Value 0,11 dimana nilainya lebih kecil dari 0.05. Pada hasil analisis tes kinerja menunjukan nilai T-Value sebesar 2,58 dan Degree of Freedom (DF) menunjukan angka 66.  Serta didapatkan nilai  P-Value 0,12 dimana nilainya lebih kecil dari 0.05. Sehingga dari test yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran flipped classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran, Flipped Classroom, Hasil Belajar,   Rancang Bangun jaringan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-12-2017

How to Cite

SHOHIB, . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(3). https://doi.org/10.26740/it-edu.v2i3.22138
Abstract views: 161 , PDF Downloads: 385