Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 2 Surabaya

Main Article Content

Theresia Sinta Silvana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara motivasi belajar dan pembelajaran berbasis web dengan model student centered learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital di SMK Negeri 2 Surabaya. Rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana kelayakan perangkat pembelajaran dan media berbasis web dengan model student centered learning di SMK Negeri 2 Surabaya ?; (2) apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan model student centered learning di SMK Negeri 2 Surabaya ? Media pembelajaran berbasis web yang digunakan adalah Schoology. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL 2 yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode research and development (R&D). Analisis data yang dilakukan antara lain: (1) analisis penilaian validasi untuk mengetahui kelayakan perangkat dan media pembelajaran; (2) analisis korelasional untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil pembelajaran berbasis web. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) perangkat dan media pembelajaran yang dibuat layak digunakan untuk kebutuhan penelitian dengan rata-rata sebesar 86% dalam kategori sangat valid; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil pembelajaran berbasis web. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,626 dengan tingkat hubungan dalam kategori sedang/baik dan bernilai positif, sedangkan nilai signifikan yang didapatkan adalah 0,000, sehingga penelitian ini membuktikan hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X RPL 2 SMK di Negeri 2 Surabaya”. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengajukan saran agar baik sekolah, dan guru dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan Schoology yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci: Schoology, Student Centered Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Sinta Silvana, T. (2017). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22225
Section
Articles