Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa D3 Farmasi Menggunakan Media Pembelajaran Ed-Apko Dan Tanpa Media Ed-Apko Di Jurusan D3 Farmasi Akademi Farmasi Surabaya

Main Article Content

DEWI SETIOWATI

Abstract

Pembelajaran semi modern yang diterapkan dosen mata kuliah aplikasi komputer di jurusan D3 Farmasi kurang optimal dan tidak mengikuti perkembangan perkembangan teknologi sehingga nantinya mahasiswa akan ketinggalan perkembangan teknologi dan masih seringnya mahasiswa meremehkan materi mata kuliah yang diberikan dosen dan pasif di dalam kelas ketika kegiatan belajar mengajar, maka dalam penelitian ini akan dibuat sebuah portal Ed-Apko (Education-Aplikasi Komputer) berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 2 pada mata kuliah Aplikasi Komputer dengan menggunakan media pembelajaran Ed-ApKo berbasis website. Peranan media pembelajaran yang menarik dan interaktif sangatlah penting dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Paket bahan ajar yang diberi nama Ed-ApKo ini kemudian diunggah ke portal e-learning kampus (www.ed-apko.akfarsurabaya.ac.id). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen  dengan desain kelompok kontrol tak setara. Subjek penelitian yaitu 80 orang mahasiswa semester 2 kelas A4 (kelas kontrol) dan A5 (kelas eksperimen) jurusan D3 Farmasi di Akademi Farmasi Surabaya. Data yang diambil adalah (1) validasi instrument penelitian melalui validasi oleh para ahli dari segi sistematika media pembelajaran, materi pembelajaran dan butir soal pretest-posttest, (2) hasil belajar mahasiswa, baik pre-test maupun post-test. Metode yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar mahasiswa yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji parametrik Independent sample t-test. Hasil validasi para ahli terhadap instrument penelitian menyatakan tingkat kelayakan media pembelajaran Ed-ApKo sebesar 87,6%, kualitas materi pembelajaran sebesar 87% dan ketepatan butir soal pretest-posttest sebesar 86%. Dari hasil validasi tersebut, semua instrument termasuk dalam kriteria sangat layak digunakan dalam proses penelitian (Sugiyono, 2013 :42 ). Analisis terhadap hasil belajar siswa melalui uji parametrik Independent sample t-test diketahui p-value menunjukkan angka sebesar 0,0000 yang berarti menolak H0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar pada mata kuliah Aplikasi Komputer pokok bahasan Corel Draw setelah menggunakan media pembelajaran Ed-ApKo berbasis website. Media pembelajaran yang inovatif dan menarik terus diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar mahasiswa.


Kata Kunci : Media Pembelajaran,  Website,  Hasil Belajar, Metode Kuasi-Eksperimen, Uji Parametrik

Article Details

How to Cite
SETIOWATI, D. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa D3 Farmasi Menggunakan Media Pembelajaran Ed-Apko Dan Tanpa Media Ed-Apko Di Jurusan D3 Farmasi Akademi Farmasi Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22227
Section
Articles