Pengembangan Video Animasi 2D Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Rizki Mucharomah

Abstract

Realita pembelajaran yang menggunakan metode ceramah yang dibantu dengan media powerpoint (PPT) dan buku teks dalam kondisi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra dapat mengurangi tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran. Kondisi tersebut dapat menghambat proses pembelajaran dan dapat mengakibatkan tujuan pendidikan tidak bisa tercapai dengan maksimal. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan media video infografis sebagai media bantu yang dapat menarik perhatian siswa dan memberikan rangsangan presepsi yang sama antar guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan uji coba pemakaian dengan desain Intact-Group Comparison. Metode penelitian yang diambil adalah data kuantitatif untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video infografis pada siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto. Hasil validasi media dan materi masing-masing menunjukkan nilai sebesar 92,08% dan 95,5%. Hasil uji Two-Sample T-Test menunjukkan nilai P-Value (0,011 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan uji hipotesis menerima (Ha) Atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran video animasi 2D infografis dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran video animasi 2D infografis. Sehingga dapat dikatakan media yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.


Kata Kunci : Media pembelajaran, video infografis, hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Mucharomah, R. (2018). Pengembangan Video Animasi 2D Infografis Terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22328
Section
Articles