Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Android (Mobile Learning) Di SMK Kusuma Negara Kertosono Jurusan Multimedia

Main Article Content

Ilham Abi Manyu

Abstract

Perkembangan teknologi telepon genggam sangat cepat sehingga harus dimanfaatkan dalam bidang pendidikan sebagai pendukung pendidikan M-Learning Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran M-Learning untuk menunjang proses belajar mengajar di jurusan Multimedia SMK Kusuma Negara Kertosono dan mengetahui tingkat kevalidan M-Learning sebagai media pembelajaran. Dengan model penelitian Research and Development, penelitian ini memiliki delapan tahapan disadur dari Sadiman yaitu : 1) Identifikasi Kebutuhan Penelitian, 2)Perumusan Tujuan, 3) Perumusan butir-butir materi, 4) Perumusan alat keberhasilan, 5) Perumusan naskah media, 6) Tes atau uji coba produk, 7) Revisi, 8) Naskah siap diproduksi. Media ini dikembangkan menggunakan Android Studio Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang bersifat dinamis yang dijalankan secara online sebagai penunjang pembelajaran.  Dari hasil penilaian validator dan respon siswa dapat diperoleh nilai dari ahli media diperoleh 65% dalam artian valid, memperoleh skor rendah dikarenakan setelah pembuatan masih banyak revisi aplikasi. Dari ahli materi memperoleh nilai 85% yang berarti valid. Dari guru pengampu mata pelajaran memperoleh nilai 94.4 % yang termasuk kategori sangat valid dimana validasi dari guru pengampu mata pelajaran ini sebagai nilai akhir dari aplikasi dikarenakan aplikasi disempurnakan terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi sebelum divalidasi guru pengampu mata pelajaran. Dari respon siswa sendiri diperoleh nilai kevalidan sebesar 94.7% dimana masuk dalam kategori sangat valid digunakan.


Kata Kunci: M-Learning,  Android Studio

Article Details

How to Cite
Abi Manyu, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Android (Mobile Learning) Di SMK Kusuma Negara Kertosono Jurusan Multimedia. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22424
Section
Articles