Penerapan Modul Berbasis Web Berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo

Main Article Content

Arya Putra Kusumawardana

Abstract

Modul merupakan suatu paket bahan ajar yang disusun secara sistematis guna mebantu peserta didik belajar secara mandiri sesuai tingkat kebutuhan dan pengetahuannya. Web merupakan sekumpulan halaman yang terdiri dari beberapa halaman yang berisi informasi dalam bentuk teks, gambar, atau animasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga daat diakses dari seluruh dunia. Modul berbasis web merupakan modul cetak yang dirubah ke dalam bentuk elektronik yang berupa web yang didalamnya terdapat fasilitas yang tidak dimiliki dalam modul cetak seperti animasi, audio, navigasi maupun suatu simulator yang membantu siswa dalam memahami modul tersebut. Simulator yang digunakan dalam modul berbasis web ini yaitu CISCO IT Essentials Virtual Dekstop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul berbasis web berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop, mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis web berbantuan CISCO IT Eseentials Virtual Dekstop dengan siswa yang tidak menggunakan modul berbasis web berbantuan CISCO IT Eseentials Virtual Dekstop, mengetahui aktivitas belajar siswa saat menggunakan modul berbasis web berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk desain Quasi Eksperimental. Metode pengembangan media modul berbasis web berbantuan simulator menggunakan metode ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji normalitas menggunakan Anderson-Darling, uji homogenitas menggunakan Uji-F, dan uji hipotesis menggunakan Two Sample T-Test. Pengumpulan data menggunakan instrumen validasi untuk mendapat hasil penilaian kelayakan media, pretest dan postest untuk mendapatkan data hasil belajar siswa dan observasi siswa saat melakukan pembelajaran untuk mendapat nilai aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian dari validasi kelayakan media didapat hasil rata-rata 90% sehingga termasuk pada kategori sangat layak. Hasil dari uji normalitas menunjukkan bahwa P-Value dari kelas eksperimen 0.546 dan P-Value dari kelas kontrol 0.336 sehingga data berdistribusi normal. Hasil dari uji homogenitas menunjukkan bahwa P-Value dari F-Test 0.334 sehingga data dari kelas eksperimen dan kontrol memiliki varians yang sama (homogen). Uji hipotesis dengan two sample t-test didapatkan hasil nilai T-Value sebesar -3.19 pada degree of freedom (df) 65 dengan P-Value sebesar 0.002 dimana 0.002 lebih kecil dari pada batas kritis 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan media modul berbasis web berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop dengan yang tidak menggunakan media modul berbasis web berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop. Hasil dari observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 34 siswa termasuk pada kategori antusias, sedangkan kelas kontrol 33 siswa termasuk kategori antusias dan 1 siswa termasuk kategori cukup antusias. Masih terdapat kekurangan dari penelitian ini seperti tidak terdapat fasilitas evaluasi dalam modul berbasis web, browser diharuskan melakukan update pada flash player versi terbaru untuk dapat menggunakan simulator.



Kata kunci : Modul berbasis web, CISCO IT Essentials Virtual Dekstop, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Article Details

How to Cite
Putra Kusumawardana, A. (2018). Penerapan Modul Berbasis Web Berbantuan CISCO IT Essentials Virtual Dekstop Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22468
Section
Articles