Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Mahardhika Surabaya

Main Article Content

AHMAD ILHAM ROSYIDI

Abstract

Penelitian ini dikembangkan berdasarkan kekurangan materi Mata Pelajaran Perakitan Kom-puter dan berkurangnya minat baca pada siswa di SMK Mahardhika Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan modul pembelajaran, dan mengetahui pengaruh modul terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Re-search and Development. Kelas X Multimedia 1 dipilih sebagai kelas kontrol, dan Kelas X Multimedia 2 dipilih sebagai kelas eksperimen. Kevalidan modul ditentukan berdasarkan hasil validasi oleh validator dengan menggunakan angket. Hipotesis O (HO) ditentukan, tidak ada pengaruh antara modul dengan hasil belajar siswa. Hipotesis I (HI) ditentukan, ada pengaruh antara modul dengan hasil belajar siswa. Analisis hipotesis menggunakan Uji T untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh modul dengan hasil belajar siswa. Hasil validasi oleh validator didapatkan nilai validasi sebesar 92.8%, disimpulkan bahwa modul valid untuk digunakan. Hasil belajar siswa kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69.4, dan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 78.2, selisih rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebesar 8.8. dapat diartikan bahwa modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan Ho ditolak, dan Hi diterima.



Kata Kunci : Research and Development, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
ILHAM ROSYIDI, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMK Mahardhika Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22469
Section
Articles