Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas XI di SMK Negeri 2 Surabaya

Main Article Content

FIRDA FATMA WATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran ke dalam bentuk media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora serta untuk mengetahui apakah media pembelajaran menggunakan aplikasi Lectora dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan pokok materi array. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL SMK Negeri 2 Surabaya, yang terdiri dari dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan 6 tahap, diantaranya: (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Desain uji coba yang digunakan adalah posttest-only control group design. Hasil penelitian media menunjukkan kategori sangat valid dengan presentase 93.125%. Hasil belajar siswa diketahui dari hasil posttest yang menunjukkan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Rata-rata hasil blajar kelas eksperimen adalah 88.303 sedangkan kelas kontrol adalah 82.58.


Kata Kunci : Media pembelajaran, R&D, hasil belajar

Article Details

How to Cite
FATMA WATI, F. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas XI di SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22490
Section
Articles