Pengembangan Blended Learning dengan Strategi Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK PGRI Ploso

Main Article Content

WINDY AYU ESTIKA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan model blended learning dengan strategi flipped classroom pada mata pelajaran desain multimedia di SMK PGRI Ploso. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan blended learning dengan strategi flipped classroom dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental  dengan Non-equivalent Control Group Design. Tahap penelitian ini (1) persiapan dan perencanaan (2) penelitian (3) penyajian hasil penelitian. Hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji t didapatkan hasil P-Value sebesar 0.001 lebih kecil dari batas kritis α = 0.05. Dengan demikian berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model blended learning dengan strategi flipped classroom untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain multimedia di SMK PGRI Ploso.


Kata Kunci : Blended learning, flipped classroom, hasil belajar

Article Details

How to Cite
AYU ESTIKA, W. (2018). Pengembangan Blended Learning dengan Strategi Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK PGRI Ploso. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22491
Section
Articles