Pengembangan Evaluasi Berbasis Computer Based Test pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemrograman di SMK Negeri 2 Buduran

Main Article Content

LYGA FAKHIN PERDANA PUTRA

Abstract

Melihat kekurangan dari evaluasi berbasis paper based test, evalusi berbasis komputer atau lebih dikenal dengan Computer Based Test dapat menjadikan sebagai alternatif solusi yang dapat membantu untuk melengkapi kekurangan evaluasi denga metode konvensional. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Computer Based Test sebagai media evaluasi untuk kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji kelayakan evaluasi berbasis computer based test pada mata pelajaran dasar-dasar pemrograman (2) Mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas evaluasi berbasis Computer Based Test pada mata pelajaran dasar-dasar pemrograman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Buduran dengan sampel 1 kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis validitas dan reliabilitas dengan metode KR-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada soal pilihan ganda, tingkat kesukaran paling banyak yaitu sedang dengan jumlah 54 butir soal, kemudian tingkat kesukaran dengan status mudah hanya berjumlah 3 butir soal, dan jumlah sulit yaitu 3 butir soal. Untuk daya pembeda soal, rata-rata butir soal memiliki daya pembeda soal yang kurang baik. Sedangkan hasil analisis validitas pada soal pilihan ganda menunjukkan 53% soal terhitung valid, artinya dapat mengukur apa yang diukur, sedangkan sisanya menjadi tidak valid. Untuk soal jawaban singkat, dari segi validitas data 75% soal terhitung valid dan hanya 5 soal yang tidak valid. Dari segi tingkat kesukaran, sekitar 65% soal terhitung sedang, sedangkan 35% sisanya terhitung sulit. Untuk daya pembeda soal, hanya 6 soal yang memiliki daya pembeda yang kurang baik, artinya 14 soal lainnya memiliki daya pembeda yang baik.


Kata Kunci : Computer Based Test, R&D, validitas dan reliabilitas

Article Details

How to Cite
FAKHIN PERDANA PUTRA, L. (2018). Pengembangan Evaluasi Berbasis Computer Based Test pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Pemrograman di SMK Negeri 2 Buduran. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22635
Section
Articles