Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Server di SMK YPM 1 Taman

Main Article Content

ZYAZYANG LEO PRATAMA

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pada sekolah SMK YPM 1 Taman memiliki fasilitas wifi dan SDM yang memadai dikembangkannya e-learning. Selain itu, arus globalisasi dan beragamnya karakteristik siswa juga mendukung disusunnya e-learning untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Media pembelajaran yang digunakan adalah Moodle. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI TKJ 4 yang berjumlah 40 siswa, pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ADDIE dengan rancangan posttest only control group design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi, Kuesioner dan Evaluasis. Analisis data yang dilakukan menggunakan independent sample t-test dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis moodle dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis moodle. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji hipotesis, rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 69,87 dan kelas eksperimen sebesar 77,32; (2) terdapat respon yag positif dari siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis moodle dengan presentase sebesar 77,25. Berdasarkan analisis data tersebut sehingga disimpulkan bahwa “Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang telah menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis moodle dengan yang tidak menggunakan media pemebelajaran E-Learning berbasis moodle”


Kata Kunci: E-Leaning, Moodle, Hasil Belajar, Respon Siswa

Article Details

How to Cite
LEO PRATAMA, Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle pada Mata Pelajaran Administrasi Server di SMK YPM 1 Taman. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22636
Section
Articles