Pengembangan Plugin CodeBlocks dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Bidang Keahlian Multimedia SMKN 1 Surabaya

Main Article Content

Arista Indrajaya

Abstract

Pembelajaran yang menggunakan komunikasi satu arah bisa juga menghambat kreatifitas para siswa, karena mereka kurang membangun pengetahuan dalam dirinya. Oleh karena itu peneliti membuat media pembelajaran berupa plugin. Peneliti memiliki tujuan untuk (1) Mengembangkan CodeBlocks IDE dengan menambahkan plugin materi di dalamnya, (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Surabaya pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas yang menggunakan media dalam pembelajaran berasis proyek dan yang tidak menggunakan media, kelayakan media pembelajaran, dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi experiment), untuk pengembangan media/ aplikasi menggunakan pendekatan metode waterfall. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MM 1 sebagai kelas kontrol dan X MM 2 sebagai kelas eksperimen di SMKN 1 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda yan diberikan kepada siswa diawal dan diakhir penelitian. Analisis data pada kedua kelas menggunakan Independent sample t-test dengan metode two sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media plugin materi pada CodeBlocks memiliki hasil belajar yang berbeda dari yang tidak menggunakan media plugin, hal tersebut ditunjukkan dengan lebih tingginya nilai rata-rata dari kelas eksperimen dengan rata-rata 85,56 daripada kelas kontrol yang mendapatkan nilai rata-rata 81,29. Hasil nilai thitung sebesar -2,79 pada degree of freedom (df) 52 dengan p-value sebesar 0,007 dimana 0,007 lebih kecil daripada 0,05 sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil respon siswa terhadap plugin CodeBlocks mempunyai presentase 84,26% dengan kriteria respon siswa sangat baik.Pada penelitian selanjutnya disarankan untuk menambahkan fitur video tutorial tentang pemrograman dasar serta menambahkan contoh kasus di kehidupan sehari-hari. Dengan adanya lebih banyak contoh dan video tutorial siswa akan lebih mudah memahami materi yang ada dalam media pembelajaran pemrograman dasar pada plugin tersebut.



Kata Kunci : Plugin CodeBlocks, Waterfall Model, Respon Siswa, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
Indrajaya, A. (2018). Pengembangan Plugin CodeBlocks dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Bidang Keahlian Multimedia SMKN 1 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22637
Section
Articles