Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan Rpl Di Smk Krian 1 Sidoarjo

Main Article Content

ACHMAD FEBRI EFANUDIN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran dan respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model 4D oleh Thiangharaja. Instrumen penelitian menggunakan instrumen angket untuk kevalidan media dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan cara menghitung hasil validasi media dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada media pembelajaran memperoleh persentase rata-rata dari 3 variabel pada angket yaitu yaitu 82% dan masuk dalam kategori baik dan media dinyatakan valid. Sedangkan respon siswa dihitung secara statistik dan dinyatakan valid dengan perolehan nilai rhitung > rtabel (0,361), dan kemudian perhitungan uji reliabilitasnya dilihat dari cronbach alpha (CA) pada faktor usefulness mendapat 0,751 > 0,70 dan dinyatakan reliabel, pada faktor ease of use mendapat 0,787 > 0,70 juga dinyatakan reliabel.


 


Kata Kunci :Media Pembelajaran, Video Animasi, Pemrograman dasar

Article Details

How to Cite
FEBRI EFANUDIN, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan Rpl Di Smk Krian 1 Sidoarjo. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22657
Section
Articles