Pengembangan Media Pembelajaran Click Multimedia dengan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Jurusan Multimedia di SMK PGRI Ploso

Main Article Content

HAPPY INDRA CHUSNURAAFI

Abstract

Proses dalam pembelajaran di kelas memiliki hambatan-hambatan yang dapat mempengaruhi pembelajaran, diantaranya siswa pasif dan tidak tertarik dalam kegiatan belajar mengajar. Di SMK PGRI Ploso sudah memiliki fasilitas berupa laboratorium komputer dan internet serta jaringan wifi, tetapi tidak dimanfaatkan siswa secara maksimal. Penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Web Based Learning dapat menarik siswa sehingga mudah memahami dan menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu, dibutuhkan model pembelajaran efektif yang memungkinkan siswa untuk menyadari diri sendiri serta meningkatkan gagasan dan kerja seperti model pembelajaran Self-Directed Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Click Multimedia berbasis Web Based Learning dengan model pembelajaran self-directed learning guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dengan materi Animasi Komputer. Penelian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen serta menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Sedangkan rancangan penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK PGRI Ploso. Dengan sampel sebanyak dua kelas, kelas XI Multimedia 1 sebagai kelas eskperimen dan kelas XI Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 90,62% dan ketuntasan hasil belajar kelas kontrol sebesar 62,5%. Hal ini dapat disimpulkan hasil pembelajaran siswa yang menggunakan Click Multimedia berbasis Web Based Learning dengan model pembelajaran Self-Directed Learning lebih baik dari pada hasil belajar yang tidak menggunkan media Click Multimedia berbasis Web Based Learning dengan model pembelajaran Self-Directed Learning.


Kata Kunci : Self-Directed Learning, Web Based Learning, ADDIE, Click Multimedia, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
INDRA CHUSNURAAFI, H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Click Multimedia dengan Model Pembelajaran Self-Directed Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi Jurusan Multimedia di SMK PGRI Ploso. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22674
Section
Articles