Pengembangan Modul Yang Dilengkapi Media 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMK Negeri 3 Jombang

Main Article Content

ahmad faizul hakim

Abstract

Kurikulum 2013 menekan pada keaktifan siswa dan guru hanya menjadi fasilitator. Guru menggunakan media untuk menunjang keaktifan siswa. Media 3 dimensi merupakan materi yang disusun dan disajikan secara tertulis serta dilengkapi dengan objek yang berdimensi panjang, lebar, tinggi yang digunakan pada komputer. Penggunan media yang maksimal akan memberikan dampak pada pemahaman dan hasil belajar siswa. Di SMK Negeri 3 jombang membutuhkan suatu media untuk mempermudah dalam pemahaman materi pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan hasil belajar siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 3 jombang dalam penggunaan Modul Yang Dilengkapi Media 3 Dimensi pada Pelajaran Perakitan Komputer dibandingkan dengan sebelum menggunakan Modul tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Jombang berjumlah 36 siswa. Hasil belajar menggunakan model one group pretest-posttest, uji dilakukan untuk mengetahui hasil siswa setalah dan sebelum pemakaian Modul PembelajaranYang Dilengkapi Media 3 Dimensi. Hasil dari 3 validator menyatakan bahwa kelayakan modul yang dilengkapi media 3 dimensi sebesar 90%, kelayakan RPP sebesar 86,67%, dan hasil respon siswa sebesar 87,73%. Uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh nilai signifikansi (P) adalah sebesar 0,003 < α(0,05), sehingga Ho berbunyi “pengembangan modul yang dilengkapi media 3 dimensi tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa” ditolak dan Ha “pengembangan modul yang dilengkapi media 3 dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa” diterima.


Kata Kunci : Modul, Media 3 Dimensi, Kelayakan, Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
faizul hakim, ahmad. (2018). Pengembangan Modul Yang Dilengkapi Media 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Perakitan Komputer di SMK Negeri 3 Jombang. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22675
Section
Articles