Media Pembelajaran Video Pembelajaran Berbasis Animasi 2d Instalasi Proxy Server Dan Web Server untuk Siswa Kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Surabaya

Main Article Content

ANGGA SAPUTRA

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang terpenting adalah bagaimana pola mengajar guru, Selama ini proses pembelajaran berlangsung dengan siswa hanya mengacu pada buku materi dan guru yang memberikan transfer pengetahuan, Tanpa mengembangkan media dalam proses pembelajaran. Maka tujuan daripada penelitian ini adalah untuk memaksimalkan pola pembelajaran tersebut dan memudahkan pembelajaran dengan media pembelajaran video berbasis animasi 2D pada materi instalasi proxy server dan web server. Subjek pada penelitian ini dilakukan siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Surabaya yang menempuh mata pelajaran Administrasi Server dan Jaringan. Metode yang digunakan untuk pengembangan media menggunakan metode ADDIE dan menggunakan metode penelitian True Exprimental Desain yang digunakan dengan desain dalam bentuk Posttest Only Control Desain menggunakan dua kelompok yang dipilih secara acak menjadi kelompok kontrol dan kelompok experiment. Dimana kelompok kontrol akan di berikan soal konvensional dan kelompok treatment akan dikasih media yang di buat oleh peneliti berupa media video animasi 2D. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan dari uji hipotesis setelah di lakukan penilitian pada pelajaran proxy server dan web server muncul hipotesis hasil output uji hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar -9,706 < 1,992. Maka bisa simpulkan terdapat ada perbedaan hasil belajar siswa dan H1 diterima dan Ho ditolak.


Kata Kunci: Media Animasi 2D, Proxy Server,Web Server, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
SAPUTRA, A. (2018). Media Pembelajaran Video Pembelajaran Berbasis Animasi 2d Instalasi Proxy Server Dan Web Server untuk Siswa Kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Surabaya. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 2(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22676
Section
Articles