Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Mobile Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pengembangan aplikasi buku saku digital untuk mata pelajaran pemrograman dasar berbasis android dalam penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dikelas yang menggunakan aplikasi buku saku digital berbasis android dengan siswa yang tidak menggunakan aplikasi sebagai media pembelajaran mobile pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X (3) Mengetahui respon siswa terhadap aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D. Berdasarkan hasil validasi diperoleh presentase validasi media 98%. Data dari penelitian diambil melalui hasil belajar dengan memberikan posttest kepada 68 siswa SMKN 1 Sidayu Gresik. Hasil uji T dari penelitian ini mendapatkan nilai signifikasi (2-tail) 0,001 <0,05 yang menunjukan H0 ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi buku saku digital berbasis android pada mata pelajaran pemrograman dasar dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi buku saku digital berbasis android. Hasil respon siswa terhadap aplikasi buku saku digital berbasis android adalah 79,59%. Hasil ini menunjukan bahwa aplikasi buku saku digital berbasis android layak digunakan sebagai alat pembelajaran. Dengan kata lain aplikasi buku saku pembelajaran pemrograman dasar ini mendapat tanggapan yang baik dari siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidayu Gresik.
Kata Kunci: Buku Saku Digital, Media Pembelajaran, Android, Pemrograman Dasar, Hasil Belajar
Abstract
The development of a Android-based digital pocket book application for basic programming subject is aims to (1) Know the feasibility of an android-based digital pocket book application on basic programming subject (2) Knowing the results of students learning by using android-based digital pocket book application with students who do not use an android-based digital pocket book application as a medium to learn basic programming subjects for tenth grade (3) Knowing student responses to android-based digital pocket book applications on basic programming subjects. This research uses R&D as reseach method. Based on the results of the validation obtained the percentage of media validation is 98%. Data from the study was taken through learning outcomes by giving posttest to 68 students of SMK 1 Sidayu Gresik. The results of the T test from this study obtained a significance value (2-tail) of 0.001 <0.05 indicating that H0 was rejected. It can be concluded that there are significant differences between students who use learning media in the form of an android-based digital pocket book application on basic programming subjects with students who do not use learning media in the form of android-based digital pocket book applications. The results of student responses to the android-based digital pocket book application are 79.59%. These results indicate that the application of an android-based digital pocket book is worthy of being used as a learning tool. In other words, the basic pocket book application of basic programming learning received a good response from class X students of SMK Negeri 1 Sidayu Gresik.
Keywords: Digital Pocket Book, Learning Media, Android, Basic Programming, Learning Outcomes